Rek Ayo Rek - Provinsi Jawa Timur

Rek ayo rek mlaku mlaku nang Tunjungan
Rek ayo rek rame rame bebarengan
Cak ayo cak sopo gelem melu aku
Cak ayo cak nggolek kenalan cah ayu

reffrain :
Ngalor ngidul liwat toko ngumbah moto
Masio mung senggal senggol ati lego
Sopo ngerti nasib Awak lagi mujur
Kenal anake sing dodol rujak cingur

Jok dipikir Angger podho gelem mlaku
Jok dipikir angger podho gak duwe sangu
Mangan tahu jok dicampur nganggo timun
Malam minggu jok podho digawe nglamun



Artinya :

Rek ayo rek, jalan jalan ke Tunjungan (pusat perbelanjaan)
Rek ayo rek, ramai ramai bersama-sama
Cak ayo cak, siapa mau ikut aku?
Cak ayo cak, cari kenalan cewek cantik

(Berjalan-jalan) ke utara, ke selatan, melewati pertokoan (untuk) cuci mata
Meski hanya bersenggolan - dengan cewek cantik (tapi membuat) hati lega
Siapa tahu nasib badan sedang mujur
(Bisa) Berkenalan dengan anak penjual rujak cingur

Jangan terlalu dipikir, asalkan mau berjalan (bersama-sama)
Jangan terlalu dipikir meski sama-sama tidak punya (uang) saku
Makan tahu jangan dicampur dengan timun
Malam minggu jangan hanya dibuat melamun.


* Dalam lagu ini kata “Rek”, panggilan sesama teman laki-laki/perempuan 

Orang Surabaya lebih sering menggunakan partikel "rek" sebagai ciri khas mereka. Partikel ini berasal dari kata "arek", yang dalam dialek Surabaya menggantikan kata "bocah" (anak) dalam bahasa Jawa standar.
·  "arek" berarti "anak" (bahasa Jawa standar: bocah);
·  "cak" berarti "mas" atau "kakak laki-laki" (bahasa Jawa standar: mas);

13 komentar:

  1. lagu ini mengingatkan ku waktu aku masih kecil

    BalasHapus
  2. Rek ayo rek, ngeludruk kantor DPR...
    Rek ayo rek, ojok gelem diapusi...
    Cak ayo cak, sopo gelem melu aku...
    Cak ayo cak, tau ae entuk duwit...

    BalasHapus
  3. (blog) kon ngerti artine ko ngendi?????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

    BalasHapus
  4. JD inget mantan klo dgr lagu Ini... Hehehe

    BalasHapus
  5. Mas/mba ada aransemen lagu metalnya ya?

    BalasHapus
  6. Arti lagunya ada yang tidak sesuai..
    Coba yg emang bisa bahasa jawa.. Ini bahasa jawanya nggk terlalu halus kok.. Pasti mudah menterjemahkannya..

    Hallo mas/mbak.. Ini ada yg kurang tepat artinya.. Agak kecewa aqw baca artinya.

    BalasHapus
  7. Arti lagunya ada yang tidak sesuai..
    Coba yg emang bisa bahasa jawa.. Ini bahasa jawanya nggk terlalu halus kok.. Pasti mudah menterjemahkannya..

    Hallo mas/mbak.. Ini ada yg kurang tepat artinya.. Agak kecewa aqw baca artinya.

    BalasHapus
  8. Kalo menurutku sudah benar tuh artinya..

    BalasHapus
  9. Minta tolong bantuannya bagi yang tahu kalimat lengkapnya :
    (wes malam minggu....)
    sebelum masuk lagu "Rek Ayo Rek"

    Terima kasih sblmnya...

    BalasHapus
  10. penerjemahan lagunya salah ini. yang bener itu

    Dek ayo dek, jalan-jalan ke Tunjungan
    Dek ayo dek, rame-rame barengan
    Mas ayo mas, siapa mau ikut aku
    Mas ayo mas, cari kenalan cewek cantik

    Kesana kesini lewat toko cuci mata
    walaupun nabrak sedikit tapi hati lega
    siapa tau nasip diri lagi mujur *baik*
    bisa kenalan sama anak yang jualan rujak cingur

    jangan dipikir asalkan sama-sama mau jalan
    jangan dipikir kalau gak punya duit saku
    makan tahu jangan dicampur sama timun
    malam minggu jangan dipake ngelamun

    ralat dikit ya mas, itu golek/nggolek. bukan dolek

    BalasHapus